Dari Cacat Hingga Kematian,Inilah Fase Pertumbuhan Janin Yang Berbahaya Jika Terpapar Dampak Buruk Obat Yang Dikonsumsi Bumil Sembarangan

Dari Cacat Hingga Kematian,Inilah Fase Pertumbuhan Janin Yang Berbahaya Jika Terpapar Dampak Buruk Obat Yang Dikonsumsi Bumil Sembarangan

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui bahwa ibu hamil dan menyusui memang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi  dan memakai obat-obatan tanpa konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Karena dampak obat-obatan yang dikonsumsi "bumil" sembarangan memang bisa fatal.

Obat-obatan yang dikonsumsi oleh orang biasa seperti obat yang dijual bebas di warung memang aman bagi kebanyakan orang,tapi tidak serta merta aman untuk ibu hamil. Dan itu berlaku juga untuk obat luar seperti salep dan gel. Bahkan obat jerawat sekalipun.

Sebagai contoh obat jerawat yang dipakai oleh ibu yang sedang hamil,ternyata bisa mengakibatkan bibir sumbing pada bayi yang dilahirkan. Obat jerawat termasuk obat Teratogenik  yang berbahaya bagi pertumbuhan janin.

Apa sih teratogenik?

Teratogenik berasal dari bahasa yunani teratos yang berarti monster. Obat-obatan teratogenik dapat menimbulkan kelainan struktural pada janin,baik itu kelainan bentuk maupun fungsi yang menetap. Contohnya bibir sumbing tadi.

Kenapa obat luar sekalipun seperti salep bahkan bisa menimbulkan kecacatan pada janin?

Obat-obatan seperti salep yang dioles ke kulit akan terserap ke pembuluh darah dan mengalir bersama darah. Pada masa pertumbuhan apalagi fase pembentukan organ-organ janin,janin akan sangat sensitif terhadap zat-zat asing dari luar sehingga pertumbuhan janin bisa terganggu.

Fase-fase Pertumbuhan Janin Yang Rawan Dampak Buruk Obat;

1. Fase Implantasi

Usia kehamilan kurang dari 3 minggu. Apabila terpapar zat berbahaya dari bahan obat yang tidak seharusnya di minum oleh ibu hamil,maka janin yang masih berupa gumpalan ini bisa mengalami kematian alias keguguran.

2. Fase Organogenesis

Usia kehamilan 4-8 minggu. Pada fase ini janin mulai mengalami pembentukan anatomi tubuh,sehingga jika terpapar zat-zat berbahaya bisa mengakibatkan kelainan fungsi dan metabolisme tubuh,kecacatan tubuh hingga kematian janin atau keguguran.

3. Fase Fetal

Usia kehamilan lebih dari 8 minggu dan memasuki tahapan pertumbuhan yang lebih lanjut. Apabila terjadi paparan zat-zat berbahaya pada usia kehamilan ini,maka kelainan janin yang dilahirkan bisa mengalami gangguan pertumbuhan,baik fungsi anatomi tubuhnya maupun gangguan pada organ-organ yang dimilikinya kelak.

Selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda,jika anda mengalami sakit apapun selama masa kehamilan adalah hal yang sangat dianjurkan. Hal tersebut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,jangan sampai karena kecerobohan,bumil menyesal kemudian.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel