Cara Mengatasi Cantengan

Cara Mengatasi Cantengan
doc: bogor tribunnews

Hello Sobat Sehat semua,

Ada yang pernah cantengan..?"

Cantengan merupakan istilah yang sering dipakai untuk gejala pembengkakan pada jari kaki,biasanya jempol kaki. Salah satu penyebab cantengan adalah pertumbuhan kuku kaki yang menusuk bagian sisi jempol kaki sehingga menimbulkan pembengkakan. Pembengkakan yang terjadi bisa semakin parah karena terjadinya infeksi. Dan jangan tanya soal sakit,karena sakitnya benar-benar luar biasa,selain itu,baunya yang juga luar binasa. Hehe...'


Jangan sepelekan cantengan,karena kakak saya pernah di operasi jempolnya gara-gara pembengkakan yang sangat parah akibat infeksi dan penanganan yang tidak benar. 
Nah,kali ini saya akan mencoba membagikan tips yang didapat dari pengalaman pribadi,teman-teman dan juga keluarga. Ikuti langkah-langkahnya yah,

Persiapan : 

1.Siapkan Gunting Kuku yang punya paket lengkap (pengikir dan pisaunya didalamnya)

2.Siapkan alkohol,kapas ,cotton bud

3.Obat Luka/Betadhine

4.Pembalut luka,bila perlu

Caranya:

  • Bersihkan gunting kuku dengan alkohol,
Basahi kapas yang bersih dengan alkohol, lalu mulailah membersihkan gunting kuku,untuk bagian yang sulit seperti mulut gunting dan bagian yang bergerigi bersihkan dengan menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi alkohol juga tentunya.
  •  Mulai Pengobatan
Gunakan gunting kuku yang sudah bersih tadi,ambil bagian pengikirnya. Arahkan bagian yang runcing ke kuku jempol kaki yang dekat dengan bagian yang bengkak. Garuk-garukan / Kerik-kerikan secara perlahan pada bagian itu. Pelan-pelan saja,agak sakit sedikit soalnya,maka perlahan cairan nanah pada bagian yang bengkak akan keluar. Lakukan terus hingga cairan nanah itu keluar semua,sambil lap cairan nanah itu dengan kapas atau tissue.
  • Sempurnakan Pengobatan
Setelah cairan nanah keluar semua,bersihkan jempol bengkak anda dengan kapas beralkohol. Setelah itu tuang cairan Betadhine ke bekas luka. Bungkus dengan pembalut luka bila perlu. 

Setelah sakitnya berkurang,jangan lupa memotong kuku jari yang menyembul dan bikin bengkak tadi yah. Pakaikan obat luka lagi sampai benar-benar sembuh.
Dan selalu sterilkan gunting kuku anda setiap kali mau memakai atau selesai menggunakannya.

Get Well Soon...!"

0 Response to "Cara Mengatasi Cantengan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel