Cara Membersihkan Telinga Yang Benar Menurut Medis

Cara Membersihkan Telinga Yang Benar Menurut Medis

Kotoran telinga yang menumpuk memang dapat mengganggu pendengaran bahkan mengganggu penampilan kita. Namun membersihkan telinga juga tidak boleh sembarangan,karena dapat menyebabkan infeksi dan gangguan pendengaran yang lain.

Kotoran telinga sebenarnya berfungsi untuk menyaring debu dan benda asing yang masuk ke gendang telinga. Namun keberadaannya yang berlebihan dan kadang mengeras memang bisa membuat pendengaran kita terganggu.

Selama ini masyarakat pada umumnya,sering membersihkan telinga dengan cotton bud,ujung bulat peniti,bulu ayam atau benda-benda lain yang ada di sekitar mereka. Tapi sebenarnya dokter tidak menyarankan benda-benda tersebut untuk digunakan karena bisa berbahaya.

Cotton bud dengan kualitas buruk misalnya,kapasnya bisa terlepas dan tertinggal di dalam liang telinga,sehingga  sulit untuk dikeluarkan dan harus menggunakan pertolongan medis. Sedangkan benda-benda lain dikhawatirkan tidak steril bahkan bisa melukai gendang telinga kita. Lalu cara apa yang disarankan dokter?

Cara Yang Direkomendasikan Dokter Untuk Membersihkan Telinga

1. Dengan Obat Tetes Telinga

Obat tetes telinga yang dijual di apotek berfungsi untuk melunakkan atau mencairkan kotoran sehingga Anda mudah mengeluarkannya dengan hanya memiringkan kepala,setelah menggunakan 2 atau 3 hari sebelumnya.

2. Baby Oil

Baby oil juga bisa melunakkan kotoran telinga,sekaligus membersihkan daun telinga Anda.

3.  Jika Anda ingin tetap membersihkan telinga dengan Cotton bud,maka gunakan cotton bud dengan kualitas baik dan bersihkan hanya pada bagian luarnya saja,tidak perlu mengorek sampai terlalu dalam,karena bisa membuat kotoran makin terdorong masuk ke saluran telinga.

4. Pergi Ke Dokter THT

Jika kotoran telinga Anda terlalu keras atau sulit dikeluarkan,Anda memang harus pergi ke dokter THT agar ditangani dengan alat khusus yang aman yang mereka miliki. Anda juga disarankan untuk pergi ke dokter THT minimal 6 bulan sekali untuk membersihkan telinga secara menyeluruh dan benar.

Organ pendengaran memang harus dirawat dan dibersihkan dengan benar,untuk menghindari gangguan pendengaran seperti infeksi yang menyebabkan adanya cairan berbau,pendarahan dan gangguan telinga seperti berdengung,nyeri,gatal dan lainnya. Salam Enak Sehat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel