Penjelasan Medis Kenapa Laki-laki Lebih Cepat Tua

Penjelasan Medis Kenapa Laki-laki Lebih Cepat Tua

Proses penuaan pada makhluk hidup memang tak bisa dihindarkan. Karena terjadi secara alami dan merupakan hukum pasti bahwa semua yang hidup akan menua dan akhirnya mati.

Proses penuaan yang terjadi pada manusia juga tidak bisa dihentikan begitu saja,meski ada tekhnologi dibidang bedah kecantikan yang diklaim bisa menghambat proses tersebut.

Yang bisa diupayakan oleh tekhnologi medis dibidang kecantikan hanyalah menyamarkan tanda-tanda penuaan,bukan menghentikan proses penuaan pada sel-sel dan organ-organ manusia. Jadi proses tersebut tetap terjadi,hanya saja akibat yang tampak pada kulit luar manusia bisa disamarkan.

Proses penuaan pada manusia baik laki-laki maupun perempuan bisa ditandai dengan berbagai perubahan yang bisa kita lihat dengan mata telanjang.

Tanda-tanda penuaan tersebut diantaranya :

1. Kulit kusam,banyak bintik hitam dan keriput
2. Rambut Beruban
3. Stamina yang makin tidak fit
4. Gerak yang makin hari makin lambat dan terbatas
5. Timbulnya masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh faktor usia.

Namun demikian setelah kita mengamati sekitar,ternyata laki-laki atau para suami lebih cepat mengalami penuaan dari para wanita. Hal ini sering  diduga karena beban kerja lelaki lebih berat,stress akibat pekerjaan,atau akibat terlalu banyak berada di luar ruangan dan terpapar radikal bebas dan sinar matahari.

Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah,namun ternyata memang ada penjelasan medis mengapa pria rata-rata mengalami proses penuaan lebih cepat dari wanita.

Penyebab Pria Lebih Cepat Tua Daripada Wanita

Dilansir dari DailyMail,pria ternyata lebih cepat tua karena sistem kekebalan tubuh mereka juga lebih cepat menua dari  para wanita.

Fungsi Sistem Imun Atau Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh ini komponen utamanya adalah sel darah putih. Sel darah putih dihasilkan dan disimpan oleh limpa,sumsum tulang belakang dan timus.  Dari sana sel darah putih (leukosit) akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui peredaran darah guna menanggulangi  bibit-bibit penyakit yang menyerang tubuh manusia.

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun,selain berfungsi untuk melindungi tubuh manusia dari serangan penyakit,serangan radikal bebas dan menjaga homeostatis (keseimbangan kebutuhan tubuh) juga membantu memperbaiki kerusakan sel.

Jika fungsi kekebalan tubuhnya menua dan berkurang kinerjanya,maka sudah sepatutnya kerusakan sel akan lebih mudah terjadi dan sulit diperbaiki sepenuhnya.Itulah mengapa pria bisa lebih cepat tua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel