7 Penyebab Pengentalan Darah Dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Pengentalan Darah Dan Cara Mengatasinya

Pengentalan darah  adalah terjadinya penggumpalan darah yang prosesnya dilakukan oleh trombosit dan protein pembeku darah. Sebenarnya proses pengentalan darah ini merupakan reaksi alami guna melindungi tubuh dari darah yang keluar berlebihan akibat luka atau cidera.

Namun,pengentalan darah juga bisa terjadi karena faktor lain. Dan seseorang yang mengalami "pengentalan darah",berresiko menderita penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke,karena aliran darahnya tersumbat.

7 Faktor  Yang Menyebabkan Pengentalan Darah Terjadi :

1. Terluka/Cidera

Seperti  dijelaskan di atas ini merupakan reaksi alami tubuh guna menghentikan  darah keluar,dan ini wajar dan tidak apa-apa. Tapi orang yang mengalami patah tulang juga bisa mengalami pengentalan darah dan bila berlangsung terlalu lama,juga bisa berbahaya.

2. Obesitas

Kegemukan memang momok segala penyakit,termasuk membuat darah kita menjadi lebih mudah kental. Jaga berat badan agar tak berresiko mengalami pengentalan darah.

3. Stress

Orang yang mengalami  stress berat akan mudah mengalami pengentalan  darah.  Hal ini sebenarnya juga merupakan cara tubuh untuk melindungi diri,karena saat stress pembuluh darah bisa pecah,maka darah secara alami akan mengental.

Sayangnya orang yang mengalami stress dan darahnya terus mengalami pengentalan,tentu akan mempengaruhi lancarnya aliran darah ke jantung dan otak. Sehingga resiko terkena penyakit jantung dan stroke jadi lebih tinggi.

4. Faktor Keturunan

Ternyata penyakit pengentalan darah ini juga termasuk penyakit yang bisa diturunkan, Jadi resiko anak dengan orang tua atau garis keturunan punya kelainan ini,akan berresiko lebih tinggi dari anak lain.

5. Pil KB

Obat-obatan yang bersifat hormonal seperti pil KB,juga beresiko membuat darah mudah kental.

6. Rokok Dan Alkohol

Perokok dan pecandu alkohol apalagi jarang berolahraga akan mudah menderita pengentalan  darah.

7. Menderita Penyakit Kronis

Penyakit seperti Kanker,Jantung,Diabetes dan penderita kelainan autoimun juga bisa terkena pengentalan darah ini.

Cara Mencegah Pengentalan Darah

1. Minum air putih yang cukup.
2. Jangan terlalu banyak duduk.
3. Olahraga
4. Makan menu makanan sehat

Cara Mengobati Pengentalan Darah

1. Obat Pengencer Darah

Orang yang darahnya mengalami pengentalan  yang dapat membuat pasien berresiko mengalami stroke dan penyakit jantung misalnya,akan diresepkan obat pengencer darah. Obat ini tergolong lumayan mahal biasanya.

2. Stocking Kompresi

Stocking kompresi disarankan dikenakan oleh mereka yang dirawat di rumah sakit yang harus berbaring di ranjang terlalu lama,juga untuk wanita hamil,dan orang yang punya resiko pengentalan darah tapi harus duduk dalam waktu lama. Stocking kompresi bekerja melancarkan darah dari tungkai kaki.

Untuk menghindari resiko pengentalan darah,lagi-lagi jalan yang terbaik adalah menjalani pola hidup sehat dan rajin bergerak atau berolahraga. Bagi Anda yang mempunyai resiko pengentalan darah tinggi,disarankan untuk selalu mengecek rutin ke rumah sakit.

Salam Enak  Sehat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel