Jenis Dan Alasan Cek Darah Yang Harus Puasa Dulu Dan Yang Tidak

Jenis Dan Alasan Cek Darah Yang Harus Puasa Dulu Dan Yang Tidak

Salah satu metode pemeriksaan kesehatan  yang umum dilakukan adalah dengan melakukan cek darah. Cek darah dengan metode pengambilan sample darah ini punya tujuan tertentu,sesuai keluhan pasien.

Proses pengambilan darah ini biasanya dilakukan di laboratorium dengan surat permintaan dari dokter yang merujuk. Biasanya pasien juga sudah diberitahu apakah harus berpuasa terlebih dahulu atau tidak,semua bergantung pada tujuan pemeriksaan darah tersebut.

Tujuan Dilakukan Cek Darah: 

1.Untuk mengetahui golongan darah seseorang.
2.Untuk memeriksa kadar glukosa darah,kalsium dan elektrolit dalam tubuh. 
3.Untuk mengetahui adanya penyakit dalam tubuh,seperti kolesterol tinggi,penyakit ginjal,hati,tumor,kanker dan penyakit seksual.

Alasan Dan Jenis Tes Darah Yang Perlu Puasa Dulu Dan Yang Tidak 

Perintah untuk melakukan puasa sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan memang benar-benar tergantung pada tujuan dilakukannya cek  darah terhadap pasien tersebut. Kalau sekedar mengetahui jenis atau golongan darah seseorang,maka tak perlu melakukan puasa.

Lain halnya jika tujuan melakukan cek darah adalah untuk mengetahui kadar glukosa,kalsium atau elektrolit tubuh guna mengetahui gangguan pada fungsi ginjal  atau hati,maka memang harus melakukan puasa terlebih dahulu.

Alasan Kenapa Harus Puasa Sebelum Tes Darah

Tujuan melakukan puasa terlebih dahulu sebelum tindakan cek darah adalah untuk memberikan hasil pemeriksaan yang akurat dan valid. Makanan dan minuman yang kita konsumsi sebelum  melakukan cek darah,bisa mempengaruhi hasil tes  darah,makanya  tidak diperbolehkan makan dan minum alias puasa.

Apakah Sama Sekali Tidak Boleh Minum Sebelum Cek Darah?

Yang tidak diperbolehkan adalah minum minuman  yang berasa dan berwarna. Minum air mineral diperbolehkan. Minum air tawar biasanya diperbolehkan selama puasa untuk cek darah,guna menghindari dehidrasi,karena kekurangan cairan juga akan mempengaruhi hasil tes darah.

Intinya sebelum Anda melakukan cek/tes darah,harus jelas apakah harus puasa terlebih dahulu atau tidak.  Selain pemberitahuan dari dokter,hal tersebut juga bisa ditanyakan lewat petugas laboratorium. Biasanya mereka juga sudah hafal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel